Usaha Sampingan Omzet Jutaan

by | Nov 20, 2015 | Edisi 14, Reportase & Feature | 0 comments

EKONOMI KREATIF


Tidak selamanya industri kreatif identik dengan modal besar, menggunakan alat canggih, hingga metode akrobatik yang nyeleneh. Kharisma, salah satu pusat aksesoris handmade di Kertosono, dapat melampaui batas itu.

usaha-sampingan-omzet-jutaan

KERTOSONO.NET – Ranah maya telah membuka kesempatan seluas-luasnya untuk para pengusaha kelas pemula hingga industri raksasa. Pasar kini mewujud digital, hingga dapat diakses di mana saja dalam sentuhan jari. Peluang tersebut ditangkap cepat oleh Gesa, mahasiswi Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya; untuk mendirikan usaha kreatif, Kharisma Handmade Accessories.

Kharisma berdiri sejak tahun 2010 dan tetap eksis hingga kini. Gesa memulai usahanya dari nol dengan bermodal kain flannel hadiah ibunya. Berawal dari kreasi boneka, kemudian beralih ke konsep feminin untuk mengikuti tren.

Industri kecil ini telah membuka lapangan pekerjaan untuk ibu rumah tangga di samping kanan kiri rumahnya. Meski mempunyai pegawai, Putri SMAKER 2008 ini mengaku selalu memeriksa keseluruhan pekerjaannya sendiri untuk memastikan kualitasnya. “Pegawai cuma mengerjakan yang gampang, biasanya sampai separuh jadi. Detailnya ngerjain sendiri.” ungkapnya.

Pemasaran dilakukan saat ada acara bazar atau pameran. Gesa juga menyediakan contoh untuk seluruh produknya. Aksesoris handmade karyanya ia bandrol dengan harga yang relatif murah, yaitu mulai dari Rp1,500 sampai dengan Rp85,000. Saat ini pesanan masih made by order dengan waktu pengerjaan berkisar satu minggu, tergantung jumlahnya. Kini penghasilan yang ia dapat perbulan mencapai Rp1,700,000 dengan persentase untung 85%.

Selain itu, Facebook, BBM, dan Instagram digunakan Gesa untuk menyapa konsumennya di berbagai daerah. Ke depannya, Kharisma juga ingin menggunakan jasa endorse para selebriti sosmed, yaitu mereka yang mempunyai followers ribuan hingga ratusan ribu.

Inovasi mutlak diperlukan, kreativitas dituntut tak berbatas agar menghasilkan produk berdaya saing tinggi. Improving existing products seringkali juga dilakukan oleh Gesa. Produk yang sudah ada di pasaran, ia produksi ulang dengan menambahkan ciri khas Kharisma di dalamnya.

“Kita harus selalu selangkah lebih maju. Semisal sedang tren bunga mawar, tetangga sebelah bikin mawar juga, kita jangan mau kalah, kita bikin mawar tapi ditambahin renda. Tetangga kita ikutan ditambahin renda juga, ya kita bkin tren baru lagi. Contohnya, mawar, renda, ditambah mutiara. Begitu seterusnya.” tuturnya.

Menanggapi plagiasi, gadis cantik ini tidak ambil pusing. “Karena sekarang zamannya untuk mengakses info mudah, sehingga sangat kecil kemungkinan untuk tak diplagiat. Kalo aku sih, ikhlas saja misal ada yang niru. Itu berarti model yang kita bikin menginspirasi orang lain.” imbuhnya.

Kendala yang seringkali dihadapi adalah ketersediaan bahan. Gesa menjelaskan, “kalau bahan yang sama seperti contoh pas habis, harus mutar otak untuk cari pengganti (bahan lain .red).” Gesa tidak hanya menggunakan bahan baru namun juga menggunakan kain perca, kain sisa hasil jahitan. Dengan begitu karya Kharisma juga turut mengurangi jumlah sampah.

Gesa mempunyai motto untuk memulai usaha handmade, “modalnya gak gede, yang penting nekat!”. (Halimatus Sya’dyyah)

Archives

Categories

E-Magazine PDF Version


Arsip Majalah Kertosono Versi 1.00

Susunan Redaksi Majalah Kertosono Edisi 14. Editor in Chief: Firdaus Effendy. Senior Editor: Kusdianto, Ety Andrijana, Faizal Ansyori, Difana Jauharin. Managing Editor: Davit Adi Saputro. Editor: Livia Alvita. Digital Marketing Executive: Moh. Alvin Kholily. Art Director: Fariz R. Wijaya. Web Developer: Lian Aga Aditya. Kontributor Tulisan: Tamaya Aristalia Arlini, Tsabbit Aqdami Mukhtar, Ita Surajaya, Halimatus Sya’dyyah, Heldyana Umabella Prabasari, Cholis Tontowi, Dhawil Firdausy, Siwi Yuli Purnamasari, Eva Nurohmah. Fotografi: PhoKerS. ALAMAT REDAKSI: Jl. Merapi RT. 03 RW. 02 Ds. Tanjung Kertosono. PENERBIT: KERTOSONO KREASI MANDIRI (http://kkm.kertosono.net). AKUN BANK/BANK ACCOUNT: No. 2050-01-000784-53-6 BRI KCP KERTOSONO A/n: KERTOSONO KREASI MANDIRI

Pin It on Pinterest

Shares
Share This