Perubahan Besar Berawal Dari Langkah Kecil

by | Jun 26, 2015 | Edisi 13 | 0 comments

USAHA KECIL MENENGAH


Setiap orang pasti mempunyai impian, dan setiap impian itu pasti berbeda-beda. Satu hal yang sama adalah kemauan keras dapat mewujudkan impian dimaksud. Albert Einstein mengatakan “Keberhasilan mimpi seseorang ditentukan oleh 99% perbuatan dan hanya 1% pemikiran.”

Jack Collection

KERTOSONO.NET – Jachijah, seorang laki-laki paruh baya dengan latar belakang pendidikan STM Jurusan Mesin ini konsisten merintis usaha di bidang konveksi selama 30 tahun lebih. Berawal dari kejelian beliau melihat usaha konveksi sebagai peluang pasar yang dapat menguntungkan. Lalu beliau mulai merintis usaha.

Usahanya berawal dari langkah kecil, yakni meneruskan usaha jahit yang merupakan warisan dari kakeknya. Semenjak duduk di bangku STM beliau sudah aktif membantu ibunya, begitu lulus STM dia sudah mulai menerima beberapa jahitan sendiri. Memang bisa dikatakan usahanya bertolak belakang dengan pendidikan yang Ia tempuh di STM. Tapi apa boleh dikata, kesuksesan seseorang terjadi bukan karena latar belakang pendidikannya, namun lebih pada keterampilan dan ketekunan yang dimiliki.

Usahanya berkembang, dari awalnya menerima jahitan berskala kecil hingga menjadi sebuah konveksi berskala besar dengan nama Jack Collection. Jack Collection menerima berbagai pesanan di antaranya: kaos, seragam, kemeja, jaket, spanduk, celana olah raga, dan kostum. Saat ini hasil produksinya dapat dijumpai di berbagai daerah termasuk luar Jawa.

Dalam perjalanan membangun usaha, Jachijah atau lebih akrab dipanggil “Pak Yahya” tidak hanya sekadar mempekerjakan orang-orang yang mempunyai keahlian di bidangnya; namun juga mempekerjakan orang-orang yang awalnya tidak memiliki ketrampilan, kemudian dibina hingga menjadi seorang penjahit mahir. “Awal saya dulu ke sini juga tidak bisa apa-apa, bahkan saya nol putul. Namun saya banyak belajar di sini,” penuturan Jono, salah satu karyawan Jack Collection.

Kini usaha konveksi ini sudah mempunyai 17 karyawan. 12 orang di bagian sablon, 3 orang di bagian potong, dan 1 orang di bagian finishing. “Kami tidak tahu bagaimana bisa menjadi seperti sekarang ini, karena semua mengalir begitu saja,” begitu penuturan Fandy Achmad, anak Pak Yahya.

Bisa dikatakan omzet konveksi ini cukup baik, setiap bulannya berkisar 50-60 juta rupiah. Bahkan beberapa bulan yang lalu konveksi ini mendapatkan orderan besar dari Sulawesi Tengah dan Palembang, menembus angka 100 juta rupiah. Sulit dibayangkan bila di Kertosono berdiri sebuah usaha konveksi dengan omzet puluhan juta rupiah setiap bulannya.

Selayaknya sebuah usaha yang tidak selalu berjalan mulus, konveksi ini terkendala keterbatasan sumber daya manusia yang membuat proses produksi mengalami keteteran memenuhi pesanan. Belum lagi bila memasuki musim penghujan, sekitar bulan Desember hingga Maret biasanya akan terjadi penurunan pesanan. “Sistem jahit di sini adalah borongan, jadi kalau tidak ada orderan karyawan akan libur, atau kadang untuk mengatasi hal tersebut kita mengisi dengan jahitan seragam sekolah untuk dagangan kami,” ujar Fandy.

Biasanya seorang wirausahawan akan berpikir untuk membuka cabang di berbagai tempat ketika usaha makin berkembang, namun tidak dengan usaha konveksi Jack Collection yang tetap berkomitmen untuk berdomisili di Desa Kudu, Kertosono. “Kalau buka cabang di mana-mana kelihatanya tidak. Pengen tetap di Kertosono, tapi ordernya bisa sampai ke mana-mana.” ujar Fandy menutup pembicaraan. (Tamaya Aristalia Arlini)

Archives

Categories

E-Magazine PDF Version


Arsip Majalah Kertosono Versi 1.00

Susunan Redaksi Majalah Kertosono Edisi 14. Editor in Chief: Firdaus Effendy. Senior Editor: Kusdianto, Ety Andrijana, Faizal Ansyori, Difana Jauharin. Managing Editor: Davit Adi Saputro. Editor: Livia Alvita. Digital Marketing Executive: Moh. Alvin Kholily. Art Director: Fariz R. Wijaya. Web Developer: Lian Aga Aditya. Kontributor Tulisan: Tamaya Aristalia Arlini, Tsabbit Aqdami Mukhtar, Ita Surajaya, Halimatus Sya’dyyah, Heldyana Umabella Prabasari, Cholis Tontowi, Dhawil Firdausy, Siwi Yuli Purnamasari, Eva Nurohmah. Fotografi: PhoKerS. ALAMAT REDAKSI: Jl. Merapi RT. 03 RW. 02 Ds. Tanjung Kertosono. PENERBIT: KERTOSONO KREASI MANDIRI (http://kkm.kertosono.net). AKUN BANK/BANK ACCOUNT: No. 2050-01-000784-53-6 BRI KCP KERTOSONO A/n: KERTOSONO KREASI MANDIRI

Pin It on Pinterest

Shares
Share This