Ngabuburit Asyik Sambil Belajar Robot

by | Jun 19, 2017 | edukasi, Non Edisi | 0 comments

Penulis: Davit Adi Saputro
Fotografer: Daniel Wicaksono

Banyak hal positif yang bisa dilakukan sembari menunggu waktu berbuka puasa, salah satunya dengan mengikuti workshop Halo Robot yang diselenggarakan oleh Kertosono Event Organizer baru-baru ini.

Bertempat di pendopo Kecamatan Kertosono (18/6), kegiatan bertema “ngabuburit ceria, bikin robot bersama” dilaksanakan. Tepat pukul 13.00 WIB kegiatan dimulai dengan sambutan ketua pelaksana. Pesertanya tidak hanya laki-laki, ada juga peserta perempuan. Mereka sudah tak sabar ingin segera masuk sesi membuat robot.

Didampingi orang tua, para peserta tampak bersemangat. Jelas saja, ini merupakan pengalaman baru bagi sebagian besar peserta yang masih duduk di bangku sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.

Dalam workshop ini, peserta berkesempatan membuat robot didampingi founder RoboEdu. Hasilnya pun bisa dibawa pulang. Workshop robot terhitung pertama kali diadakan di Kertosono. Kesempatan yang tak disia-siakan oleh peserta dari berbagai kecamatan, mulai: Kertosono, Tanjunganom, Baron, hingga Jatikalen.

Workshop Halo Robot diperuntukan anak usia di bawah 15 tahun. Materi yang diajarkan tentang prinsip kerja rangkaian seri dan pengembangan model mekanik untuk membuat robot sesuai kreativitas anak. Peserta diberi kebebasan membuat robot sesuai keinginan.

Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai usia, setiap kelompok didampingi kakak pendamping yang siap membantu jika peserta mengalami kesulitan. Peserta diberikan bahan-bahan sederhana yang ada di sekitar, seperti: bekas stik es krim, tusuk sate, sedotan, tutup botol dan dipadukan dengan elemen elektronika untuk dijadikan robot.

Jauh hari, informasi workshop Halo Robot dipublikasikan melalui media sosial, publikasi offline juga dilakukan dengan menyebar poster ke beberapa sekolah. Menariknya, 20 pendaftar pertama workshop mendapat subsidi berupa potongan harga biaya pendaftaran dari lembaga sosial Kertosono Kreasi Mandiri.

Pemateri workshop Halo Robot adalah Ahmad Zulva Andrian, ia adalah pendiri RoboEdu; sebuah lembaga pelatihan robotika yang ada di Malang. Alumni Universitas Negeri Malang jurusan Teknik Elektro ini telah lama berkecimpung di dunia robotik, pengalaman inilah yang ingin ia bagikan di kota kelahirannya.

Kurnia Imanawanto, orang tua salah satu peserta mengaku senang dengan diadakannya workshop robot ini. “Saya tahu informasi ini dari Cekers, begitu saya tawari anak saya langsung ingin ikut,” pungkasnya. Menurutnya kegiatan ini bisa menambah wawasan anak tentang robotik, juga mampu melatih kreativitas anak. Beliau juga berharap agar kegiatan workshop robot bisa rutin dilaksanakan.

Edukasi menjadi latar belakang terselenggaranya workshop Halo Robot. Hildhan Umanta selaku ketua pelaksana menceritakan tujuan diadakannya workshop ini, ia ingin warga Kertosono khususnya bisa membuat robot. “Kalau sudah bisa membuat robot, bisa mengikuti lomba robot hingga ke luar negeri,” ungkapnya.

Menjelang waktu berbuka puasa workshop Halo Robot selesai, para peserta mendapat takjil untuk berbuka puasa. Keceriaan masih tampak di wajah-wajah peserta hingga acara selesai. Mereka tampak bangga menenteng robot hasil karyanya. Di akhir acara, workshop robot ditutup dengan sesi foto bersama.

Archives

Categories

E-Magazine PDF Version


Arsip Majalah Kertosono Versi 1.00

Susunan Redaksi Majalah Kertosono Edisi 16. Editor in Chief: Davit Adi Saputro. Senior Editor: Kusdianto, Ety Andrijana, Faizal Ansyori, Difana Jauharin. Managing Editor: Livia Alvita. Editor: Tamaya Aristalia Arlini, Halimatus Sya’dyyah, Eva Nurohmah. Digital Marketing Executive: Moh. Alfin Kholily. Art Director: Fariz R. Wijaya. Web Developer: Moch. Cholil Hamzah. Fotografi: PhoKerS. ALAMAT REDAKSI: Jl. P. Sudirman G5 Kertosono 64351 Phone : +62358-555640. PENERBIT: KERTOSONO KREASI MANDIRI (http://kkm.kertosono.net). AKUN BANK/BANK ACCOUNT: No. 2050-01-000784-53-6 BRI KCP KERTOSONO A/n: KERTOSONO KREASI MANDIRI

Pin It on Pinterest

Shares
Share This