Mengurai Masalah Dengan Cangkrukan Bareng

by | Feb 27, 2017 | Non Edisi, Sosial Budaya | 0 comments

Penulis: Davit Adi Saputro
Foto: Daniel Wicaksono
Di era dunia digital yang semakin berkembang, masyarakat seolah dimanjakan dengan mudahnya mengakses informasi hanya dengan sentuhan jari. Tidak dimungkiri masyarakat mejadi lebih aktif di dunia maya dibandingkan dunia nyata. Masyarakat kini lebih kritis saat di dunia maya dan cenderung pemalu di dunia nyata.

KERTOSONO.NET

Sebagai makhluk sosial, manusia tentu tidak lepas dari interaksi sosial, misalnya; bertegur sapa, berbicara, maupun bertukar pendapat dengan individu maupun kelompok lain. Adanya media sosial bisa jadi memberi manfaat yang besar dalam proses berinteraksi, namun apa yang terjadi bila interaksi sosial tersebut hanya dilakukan sebatas di dunia maya.

Nyatanya, kebanyakan interaksi sosial di dunia maya hanya berujung wacana yang entah kapan diwujudkan di dunia nyata. Bermodal inilah CeKer’S tergerak untuk memfasilitasi masyarakat agar bisa memunculkan ide dan gagasan ke dunia nyata untuk diwujudkan bersama.

Bertemakan ‘Cangkrukan Bareng’, CeKer’S berusaha menghadirkan suasana diskusi yang nyata (Minggu 26/2/2017). Kegiatan ini sekaligus merayakan ulang tahun ke-6 CeKer’S. CeKer’S (Cerita Kertosono dan Sekitarnya) merupakan forum netizen terbesar di Kertosono, dengan anggota lebih dari 13.000 orang.

Bertempat di pendopo Kecamatan Kertosono acara ini dikonsep lesehan, sehingga terkesan merakyat. Selain masyarakat Kertosono, acara yang dimulai pukul 08:30 WIB ini juga dihadiri pejabat berwenang dari kecamatan. Rangkaian kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Firdaus Effendy selaku ketua lembaga sosial yang menaungi CeKer’S, yakni; Kertosono Kreasi Mandiri (KKM).

Acara dilanjutkan dengan sambutan Camat Kertosono, DR. Sopingi, AP.MM atau yang akrab dipanggil Kang Pingi. Dalam sambutannya beliau menyampaikan dengan cangkrukan seringkali bisa mencairkan suasana dan menemukan berbagai solusi. “Penggaweanku yo cangkrukan sambil ngopi,” ungkapnya sambil tertawa. Di akhir sambutan beliau meminta untuk dimasukkan menjadi anggota CeKer’S, sehingga bisa memantau langsung perkembangan warga Kertosono.

Menariknya, dalam acara cangkrukan ini dipilih gunungan polo pendem sebagai camilan. Selain juga disiapkan kopi yang semakin lekat dengan nuansa cangkrukan. Kesan perbedaan antara pejabat kecamatan dan masyarakat seolah tidak nampak dalam kegiatan ini. Semua berbaur dalam ramahnya kebersamaan.

Silih bergantian para peserta mengajukan pertanyaan seputar Kertosono yang sering menjadi isu viral di CeKer’S, mulai dari; sampah, kerapian kota, kost-kostan, halte, banjir dan lain-lain. Hal-hal yang biasanya hanya menjadi pembicaraan dunia maya dimunculkan di dunia nyata. Kesemuanya langsung ditanggapi oleh sekretaris camat, Ir. Sugeng Dono Prasojo, MS.

Menurut Sugeng Dono potensi sumber daya manusia Kertosono sangat besar, selain aktif di dunia maya di dunia nyata pun juga berpotensi memberikan masukan-masukan yang cerdas. “Warga CeKer’S khususnya dan warga Kertosono pada umumnya merupakan aset pemerintah kecamatan untuk berbenah dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Sugeng Dono juga mengapresiasi CeKer’S sebagai penyambung lidah antara masyarakat dengan pemerintah kecamatan. “Teman-teman CeKer’S ini sebagai mitra yang bisa bekerjasama dengan pemerintah kecamatan, karena kami tidak bisa bekerja dengan baik tanpa dukungan dari masyarakat,” imbuhnya.

Menginjak pukul 12:30 WIB serangkaian acara ‘Cangkrukan Bareng’ ditutup dengan hiburan electone. Pada kesempatan yang sama juga diumumkan tiga pemenang lomba gagasan dan pertanyaan terbaik dengan hadiah masing-masing berupa kaos CeKer’S.

Archives

Categories

E-Magazine PDF Version


Arsip Majalah Kertosono Versi 1.00

Susunan Redaksi Majalah Kertosono Edisi 16. Editor in Chief: Davit Adi Saputro. Senior Editor: Kusdianto, Ety Andrijana, Faizal Ansyori, Difana Jauharin. Managing Editor: Livia Alvita. Editor: Tamaya Aristalia Arlini, Halimatus Sya’dyyah, Eva Nurohmah. Digital Marketing Executive: Moh. Alfin Kholily. Art Director: Fariz R. Wijaya. Web Developer: Moch. Cholil Hamzah. Fotografi: PhoKerS. ALAMAT REDAKSI: Jl. P. Sudirman G5 Kertosono 64351 Phone : +62358-555640. PENERBIT: KERTOSONO KREASI MANDIRI (http://kkm.kertosono.net). AKUN BANK/BANK ACCOUNT: No. 2050-01-000784-53-6 BRI KCP KERTOSONO A/n: KERTOSONO KREASI MANDIRI

Pin It on Pinterest

Shares
Share This