Lengkong sasaran industri

by | Apr 30, 2016 | Edisi 15, Reportase & Feature | 0 comments

Kawasan industri baru segera diwujudkan. Masyarakat terdampak mau tidak mau harus bersiap menjadi bagian dari hiruk-pikuk aktivitas industri. Banyak keuntungan dengan terbukanya kesempatan pekerjaan, namun tidak sedikit kerugiannya jika tata kelola sistemnya buruk.


Rubrik : Wacana
Penulis : Eva Nurohmah

KERTOSONO.NET – Nganjuk, salah satu kabupaten di Jawa Timur, kini menjadi daya tarik para investor untuk dijadikan kawasan industri baru. Selain didukung akses jalan yang mudah, besaran UMK Kabupaten Nganjuk yang masih rendah disinyalir menjadi alasan utamanya. Target lokasi dimaksud berada di Kecamatan Lengkong.

Gambar Lengkong Sasaran Industri A

Salah satu pabrik yang sedang di bangun di desa Jagrek Lengkong. Foto : Muhammad Musthofa

Sebagai wilayah agraris, kondisi dan struktur tanah di Kecamatan Lengkong terbilang produktif untuk berbagai jenis tanaman, baik tanaman pangan maupun perkebunan. Tidaklah heran bila mata pencaharian utama penduduknya adalah petani.

Namun, perubahan cuaca yang tidak menentu beberapa tahun belakangan mengakibatkan sebagian wilayah mengalami kekeringan dan produktivitas pertanian menjadi menurun. Karenanya para pengusaha berinisiatif merelokasi wilayah yang awalnya persawahan menjadi kawasan industri baru.

Beberapa tahun terakhir, sebagian area persawahan telah rata dengan tanah, diantaranya persawahan di Desa Banjardowo, Desa Jegreg, dan Desa Lengkong. Ketiga lokasi ini terbilang strategis, karena berada di jalur utama Lengkong-Rejoso. Lahan tersebut kini tinggal menunggu pembangunan dan siap menjadi kawasan indutri berskala besar.

Pembangunan kawasan industri baru, memungkinkan terciptanya peluang bisnis di sektor lain. Usaha kuliner, usaha kos-kosan, dan pertokoan berpotensi jadi incaran pengusaha. Semakin menjamurnya usaha, tentu akan meningkatkan perekonomian warga Kecamatan Lengkong khususnya dan Kabupaten Nganjuk pada umumnya.

Antusias warga di Kecamatan Lengkong dengan dunia industri mulai tergugah. Adanya pabrik-pabrik baru merupakan angin segar bagi penduduk sekitar. Dengan adanya kawasan industri baru, tentunya akan membuka lapangan pekerjaan yang luas, juga menekan tingkat urbanisasi dari Lengkong menuju kota-kota besar di negeri ini.

Demi menyongsong industri baru yang segera terwujud, penyediaan tenaga kerja yang berkompetensi mutlak diperlukan di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) kini. Peran serta pemerintah daerah diharapkan mampu menggulirkan program-program pelatihan skill bagi calon pekerja potensial.

Gambar Lengkong Sasaran Industri B

Proses pembangunan pabrik neon, yang bakal menjadi satu-satunya pabrik neon di kota Nganjuk. Foto : Muhammad Mustofa

Perlindungan ketenaga-kerjaan sebagaimana telah diatur dalam undang-undang wajib dilaksanakan dan diawasi penerapannya. Lagi-lagi, andil pemerintah daerah melalui dinas terkait diharapkan mampu melindungi hak-hak tenaga kerja.

Antisipasi dampak lain dari menjamurnya industri juga harus dipahami sejak awal. Karena Industri erat kaitannya dengan limbah yang menjadi sisa produksi. Limbah selalu menjadi penyebab kerusakan lingkungan jika minim pengolahan. Jangan sampai euforia masyarakat hanya sesaat, kemudian tergantikan kerugian material maupun non material akibat limbah.
Pemerataan pembangunan memang diperlukan untuk terciptanya perekonomian yang merata. Kawasan industri baru memang mampu mengikis kesenjangan ekonomi. Namun, jangan karena alasan pemerataan ekonomi, masyarakat justru dirugikan dengan imbas buruknya sistem industri yang semrawut.

Archives

Categories

E-Magazine PDF Version


Arsip Majalah Kertosono Versi 1.00

Susunan Redaksi Majalah Kertosono Edisi 15. Editor in Chief: Firdaus Effendy. Senior Editor: Kusdianto, Ety Andrijana, Faizal Ansyori, Difana Jauharin. Managing Editor: Davit Adi Saputro. Editor: Livia Alvita, Tamaya Aristalia Arlini, Halimatus Sya’dyyah, Eva Nurohmah. Digital Marketing Executive: Moh. Alvin Kholily. Art Director: Fariz R. Wijaya. Web Developer: Moch. Cholil Hamzah. Fotografi: PhoKerS. ALAMAT REDAKSI: Jl. P. Sudirman G5 Kertosono 64351. PENERBIT: KERTOSONO KREASI MANDIRI (http://kkm.kertosono.net). AKUN BANK/BANK ACCOUNT: No. 2050-01-000784-53-6 BRI KCP KERTOSONO A/n: KERTOSONO KREASI MANDIRI

Pin It on Pinterest

Shares
Share This