Kertosono Riwayatmu Terkini

by | Feb 21, 2016 | Edisi 15, Opini | 2 comments

Catatan Redaksi


Gambar Catatan Redaksi A kertosono
Oleh: Faizal Ansyori

KERTOSONO.NET – Sedikit menengok Tahun 2015 yang masih terasa hangat tergantikan oleh Tahun 2016, banyak “kesan” yang ditinggalkan dan menjadi bagian di Tahun 2016. Kertosono sebuah kota kecil berstatus kecamatan akan dan segera melakukan “metamorphosis” menjadi kota yang berkembang dan tumbuh secara pesat tidak bisa terbendung lagi.

Banyak embrio yang muncul dan bakal manjadikan Kertosono sebagai kota kecamatan yang lebih berkembang dibandingkan kota/kabupaten di sekitarnya. Pertama, akan segera didirikan sebuah rumah sakit berstandar nasional yang merupakan perkembangan dari Rumah Sakit Umum Daerah Kertosono yang ada saat ini. Menempati lahan Terminal Kertosono yang selama 15 tahun dalam kondisi “mati suri” RSUD Kertosono II dengan maket yang megah diidamkan menjadi RSUD terbesar di Segitiga Emas JORIJUK (Jombang, Kediri, Nganjuk).

Sedangkan yang kedua Terminal Kertosono yang “tergusur” akibat kehadiran mega proyek RSUD Kertosono. Berdasarkan hasil rembug bersama elemen masyarakat di Pendopo Kecamatan Kertosono tanggal 18 Nopember 2015 dilanjutkan dengan hearing bersama unsur Muspida Nganjuk dan Wakil Rakyat, diperoleh keputusan berupa Terminal Kertosono akan bangkit dan dihidupkan kembali di lahan sebelah barat Sungai Brantas atau di bekas kantor kecamatan lama.
Pertimbangan itu mungkin sebagai upaya membangkitkan “spirit” kejayaan Terminal Kertosono 15-20 tahun lalu. Menurut Kepala Bappeda Nganjuk proses pembangunan direncanakan di tahun 2016 dengan anggaran sesuai tender adalah Rp. 6 miliar.

Ketiga, rampungnya proyek nasional Tol Solo-Kertosono yang segera terwujud, mau tidak mau akan berpengaruh juga pada segi-segi baik ekonomi dan sosial masyarakat Kertosono. Belum lagi Jembatan Kelutan (Nganjuk)-Papar (Kab Kediri) juga segera difungsikan yang bisa menjadi jalur alternatif pemecah kemacetan yang menjadi “langganan” pada musim arus mudik lebaran.
Cukup dengan ketiga hal tersebut, Kertosono bakal dihadapkan perubahan yang cukup signifikan. Pentingnya kesiapan dari segala elemen masyarakat Kertosono untuk mengambil peran lebih besar sebagai “tuan rumah” melalui pemberdayaan masyarakatnya. Membangunkan kembali semangat “memiliki” dan menjadikan Kertosono sebuah kota kreatif, edukatif dan bermartabat.

Gambar Catatan Redaksi B gambar kertosono

Fotografi : Kharisma Cendhika Putra

Pesatnya arus informasi berbasis IT-Medsos saat ini (FB, IG, Twitter) bisa menjadi salah satu sarana bagi masyarakat untuk ikut berperan serta membangun Kertosono. Tidak cukup informasi, program-program yang bersinergi bersama pemerintah mulai dari tingkat desa hingga kabupaten selayaknya juga bisa menjadi interkoneksi kepentingan antar wilayah Kertosono dalam memperkuat arus perkembangan Kertosono yang tidak terelakan menjadi sebuah “pagar” bagi masyarakat Kertosono yang nanti tidak hanya sebagai penikmat pembangunan semata tapi juga sebagai tuan rumah di wilayah sendiri.

Lalu apakah terwujudnya RSUD Kertosono II nanti bisa menjadikan pelayanan kesehatan masyarakat Kertosono lebih baik dibandingkan saat ini yang masih timbul “keluhan” di masyarakat Kertosono pada khususnya? Dan Terminal Kertosono dengan konsep yang lebih terencana dengan baik menjadi pusat interkoneksi serta Jembatan Solo-Kertosono dan Jembatan Kelutan akan mampu menjadikan roda perekonomian lebih bergairah? Saatnya masyarakat Kertosono bersama-sama menjadi support dan kontrol bagi keberadaan infrastruktur tersebut.
tanda tanga

Faizal Ansyori
(Senior Editor)

 

Archives

Categories

E-Magazine PDF Version


Arsip Majalah Kertosono Versi 1.00

Susunan Redaksi Majalah Kertosono Edisi 15. Editor in Chief: Firdaus Effendy. Senior Editor: Kusdianto, Ety Andrijana, Faizal Ansyori, Difana Jauharin. Managing Editor: Davit Adi Saputro. Editor: Livia Alvita, Tamaya Aristalia Arlini, Halimatus Sya’dyyah, Eva Nurohmah. Digital Marketing Executive: Moh. Alvin Kholily. Art Director: Fariz R. Wijaya. Web Developer: Moch. Cholil Hamzah. Fotografi: PhoKerS. ALAMAT REDAKSI: Jl. P. Sudirman G5 Kertosono 64351. PENERBIT: KERTOSONO KREASI MANDIRI (http://kkm.kertosono.net). AKUN BANK/BANK ACCOUNT: No. 2050-01-000784-53-6 BRI KCP KERTOSONO A/n: KERTOSONO KREASI MANDIRI

Pin It on Pinterest

Shares
Share This