Cat, Estetika dan Fungsi Lainnya

by | May 30, 2017 | Edisi 16, Referensi | 0 comments

Penulis : Nimas Faradyta
Fotografer: Davit Adi Saputro


Pernahkah Anda berpikir mengapa pagar besi sebagian besar dilapisi cat beragam warna? Ya, karena warna asli besi kurang menarik sehingga harus dilapisi cat agar memenuhi fungsi estetika. Cat memang memiliki fungsi dekoratif, selain itu ada fungsi lain yang juga penting; yaitu mencegah timbulnya karat. Bagaimana bisa?

KERTOSONO.NET
Dalam kehidupan sehari-hari, logam yang sangat kita kenal adalah besi. Mulai dari kerangka bangunan hingga perabotan rumah tangga menggunakan besi. Besi, dan logam pada umumnya, akan mengalami reaksi korosi jika bersentuhan langsung dengan air dan udara. Contoh yang paling sederhana adalah pagar rumah yang sebagian besar menggunakan besi. Pagar yang berada di luar rumah akan terpapar sinar matahari dan diguyur hujan setiap saat. Air hujan mengandung banyak unsur oksigen dan bersifat korosi, sehingga begitu air mengenai logam akan menimbulkan terjadinya reaksi korosi.

Korosi, atau yang lebih dikenal dengan karat, merupakan reaksi kimia antara logam dengan lingkungannya, seperti air dan udara. Reaksi ini bersifat alamiah dan berlangsung dengan sendirinya, oleh karena itu korosi tidak dapat dicegah atau dihentikan sama sekali. Korosi hanya bisa dikendalikan atau diperlambat laju reaksinya sehingga memperlambat proses perusakan. Kerusakan yang ditimbulkan ini membuat umur pakai logam berkurang.

Sama halnya dengan makanan yang memiliki masa kadaluarsa, besi juga memiliki umur pakai. Untuk itu diperlukan perlakuan yang lebih untuk memperpanjang umur pakai benda. Jika pada makanan kita biasa membungkusnya dengan rapat agar tak tertembus bakteri, maka untuk mencegah terbentuknya karat salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan coating. Dalam pengertiannya, coating adalah lapisan penutup yang diterapkan pada permukaan sebuah benda untuk tujuan dekoratif maupun melindungi benda dari kontak langsung dengan lingkungannya. Pada prinsipnya karat dapat terbentuk jika terjadi kontak antara besi dengan udara dan air, dengan memberikan lapisan pada besi membuat reaksi ini tidak dapat terjadi.

Bahan yang digunakan sebagai coating sederhana dan sudah umum adalah cat. Cat pada dasarnya merupakan campuran material padat, yaitu pigment di dalam media pengikat (binder) yang digunakan sebagai pelapis permukaan benda kerja. Cat akan mengalami pengeringan oleh oksidasi udara dan lainnya. Cat yang akan digunakan harus memilki daya rekat yang baik terhadap benda kerja agar tidak mudah terkelupas setelah lapisan mengering. Cat juga harus mudah dilapiskan pada permukaan benda kerja, sehingga mudah saat pengecatan. Metode pelapisan harus sesuai dengan rekomendasi produsen, menggunakan kuas, semprot atau yang lainnya. Setelah mengering, cat harus dapat menutupi permukaan secara merata dan sempurna. Selain itu, beberapa cat harus memiliki sifat-sifat yang khusus seperti tahan cuaca, tahan korosi, tahan air, tahan suhu tinggi, dan sebagainya.

Pada prinsipnya, cat yang digunakan harus kedap air, tidak mudah larut, dan tidak mudah rusak. Cat yang dilapiskan pada permukaan logam akan menimbulkan hambatan yang kuat untuk memisahkan permukaan dengan air dan oksigen. Air dan udara tidak akan bersentuhan dengan logam sehingga syarat untuk terjadinya korosi tidak terpenuhi. Perlu diperhatikan, seluruh permukaan logam harus terlapis sempurna untuk menghindarkan kontak dengan oksigen. Proses pelapisan yang tidak sempurna lebih berbahaya dibandingkan logam tanpa pelapis karena pengaratan dapat terjadi pada bagian yang tertutup sehingga proses ini tidak terdeteksi.

Archives

Categories

E-Magazine PDF Version


Arsip Majalah Kertosono Versi 1.00

Susunan Redaksi Majalah Kertosono Edisi 16. Editor in Chief: Davit Adi Saputro. Senior Editor: Kusdianto, Ety Andrijana, Faizal Ansyori, Difana Jauharin. Managing Editor: Livia Alvita. Editor: Tamaya Aristalia Arlini, Halimatus Sya’dyyah, Eva Nurohmah. Digital Marketing Executive: Moh. Alfin Kholily. Art Director: Fariz R. Wijaya. Web Developer: Moch. Cholil Hamzah. Fotografi: PhoKerS. ALAMAT REDAKSI: Jl. P. Sudirman G5 Kertosono 64351 Phone : +62358-555640. PENERBIT: KERTOSONO KREASI MANDIRI (http://kkm.kertosono.net). AKUN BANK/BANK ACCOUNT: No. 2050-01-000784-53-6 BRI KCP KERTOSONO A/n: KERTOSONO KREASI MANDIRI

Pin It on Pinterest

Shares
Share This